Piala Cheetah dan Piala Siput Untuk Karyawan Anda

Ini bukan tulisan tentang piala dunia, piala eropa, ataupun berbagai piala yang pernah anda dengar. Ini adalah tulisan tentang piala yang akan anda berikan kepada pekerja anda terkait performa mereka di perusahaan anda. Ya dua piala itu bernama Piala Cheetah dan Piala Siput. Sejenak anda mungkin bisa menebak arti dari piala ini. Piala yang bisa membuat bangga atau malu orang yang menerimanya.

Gambar

Cheetah, mendengar namanya saja mungkin dalam pikiran anda terbayang kengerian, kecepatan, dan binatang buas. Yah itu memang benar adanya. Hewan karnivora ini dapat mencapai kecepatan 112km/jam sampai 120km/jam pada lintasan sepanjang 460 m. Bahkan akselerasinya juga luar biasa. Mereka dapat menempuh akselerasi 0-110 km hanya dalam waktu 3 detik.

Nah, Cheetah ini sangat cocok melambangkan kecepatan. Kecepatan yang membuat perusahaan anda dapat segera mencapai target atau bahkan melampauinya. Untuk itulah, jika anda mempunyai karyawan/setaraf pimpinan dan dia mampu bekerja dengan baik, cepat, dan terarah selain anda memberikan hadiah berupa uang atau barang berikanlah juga dia hadiah simbolis lain berupa piala cheetah. Piala ini akan memberikan kebanggaan bagi orang yang menerimanya. Hal ini juga melambangkan rasa terima kasih perusahaan atas dedikasi dan semangat luar biasa yang diberikan pekerja tersebut.

Gambar

Selanjutnya ada juga piala siput. Piala ini anda berikan kepada karyawan atau pimpinan yang bekerja paling lambat atau dianggap merugikan perusahaan. Siput jelas dikenal sebagai binatang yang lambat. Kecepatannya hanya 0.03 mph. Nah simbolis siput sangat cocok untuk pekerja anda yang lamban. Berilah dia rasa malu karena itu. Dan rasa malu itu akan hilang jika dia mau berubah untuk bekerja sepenuh hati untuk perusahaan anda. Anda tidak perlu memberikan hukuman pemotongan gaji atau fisik ke karyawan anda tersebut. Berilah dia perasaaan malu di lingkungan kerjanya. Dan jika dia mau rasa malu itu hilang, maka sudah saatnya dia berubah.

Gambar

Nah, selanjutnya pemberian piala ini bisa dilakukan tiap bulan sekali. Tiap bulan akan diberikan satu piala cheetah untuk yang terbaik dan satu piala siput untuk yang terburuk. Tujuan diberikannya tiap bulan sekali bukan tiap tahun karena kita memberi waktu kepada yang terburuk untuk berubah di bulan depan dan “menyingkirkan” piala siputnya.

 

Balikpapan, 15 April 2014

 

Dwi Fajar Novianto

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: