Manfaatkan Mahasiswa Untuk Perencanaan Media Anda

Selama ini banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa biro periklanan atau public relations untuk keperluan perencanaan media iklannya. Hal ini terkait kepercayaan mereka bahwa tidak ada orang di kantor yang cukup professional untuk melaksanakan hal tersebut. Untuk itulah kemudian mereka mempercayakannya pada pihak ketiga. Biaya mahal tidak masalah, kan bisa ditawar. hehehe

Gambar

Padahal masih ada cara lain yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mendapatkan perencanaan media yang lebih murah. Salah satu caranya dengan menggandeng mahasiswa. Loh kok mahasiswa? mereka kan masih amatir? Mungkin bagi banyak orang masih banyak yang skeptis seperti itu. Namun saya pastikan bahwa itu tidak sepenuhnya benar? Mahasiswa adalah anak-anak muda yang kreatif dan masih punya banyak ide liar. Mungkin secara eksekusi iklan mereka masih kasar, namun bukankah dalam perencanaan media iklan yang penting idenya? eksekusi nanti belakangan, tinggal dipoles oleh yang lebih ahli.

Datang ke acara mereka itu akan menumbuhkan ide-ide gila yang tinggal perusahaan anda poles. Lalu bagaimana dengan biayanya? ternyata jauh lebih murah. Saya pernah bertanya kepada salah satu dosen komunikasi saya, berapa biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan untuk masuk ke sebuah mata kuliah perencanaan media iklan, jawabannya cukup mengejutkan? Hanya 10 juta rupiah saja. Itu untuk biaya pembuatan materi iklan per kelompok, biaya konsumsi dan lain-lain.

Nantinya pola kerjasama ini akan berbentuk seperti ini, perusahaan akan memberikan masalah atau produknya yang akan ditawarkan di masyarakat ke para mahasiswa. Mahasiswa dalam kelas tersebut kemudian akan dibagi dalam berbagai kelompok dan bertugas membuat perencanaan media iklan beserta eksekusi medianya. Mereka diberikan waktu satu semester untuk terus memperbaiki konsep mereka. Dan nantinya diakhir semester dosen akan memilih tiga kelompok terbaik untuk bertemu dengan perusahaan anda dan mempresentasikan hasil karya mereka.

Anda cukup datang ke acara mereka, menonton semua hasil karya mereka, dan memberi hadiah dan souvenir ke pemenang. Bilang kepada dosennya, bahwa semua yang masuk tiga besar terbaik untuk diberikan nilai “A” untuk mata kuliah tersebut. Niscaya mereka akan lebih semangat untuk berkarya… Dan perusahaan anda mendapatkan ide yang besar untuk materi komunikasi anda. Murah dan mudah kan?

 

Balikpapan, 15 April 2014

 

Dwi Fajar Novianto

One thought on “Manfaatkan Mahasiswa Untuk Perencanaan Media Anda

  1. Fotodeka April 15, 2014 pukul 1:35 pm Reply

    tulisan penutupnya pamungkas banget nih jar, ya emang begini. Teman-teman pas kuliah makanya berkompetisi bikin yang terbaik. Gilak passion mereka total banget, setelah saya pikir2 lagi. Dan sekarang teman-teman udah menemukan jalannya masing2. kecuali saya -_____-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: