Menengok Potensi Bisnis Balikpapan

Sudah dua minggu saya di Balikpapan dan berkesempatan tentunya untuk menengok potensi bisnis yang ada di sini. Dibandingkan halnya dengan beberapa daerah di Jawa, Balikpapan mempunyai corak bisnis yang berbeda. Sebagai contoh untuk di daerah sini, susah sekali menemukan bisnis dengan kecenderungan pertanian. Kata teman saya, tanah di sini kurang bagus jika dijadikan lahan pertanian. Nah jika begitu apa saja potensi bisnis yang ada di Balikpapan saat ini.

Potensi bisnis yang terdapat di Balikpapan antara lain:

1. Kontraktor

       Kontraktor adalah badan yang ditunjuk oleh owner (dapat melalui penunjukan langsung atau melalui tender) sebagai pelaksana proyek. Nah berhubung di Balikpapan itu banyak perusahaan besar dan banyak kebutuhan, maka mereka cenderung menyewa jasa kontraktor lokal untuk memenuhi keinginan mereka. Untuk bisnis yang satu ini dibutuhkan modal yang relatif besar, kepercayaan owner, dan tentu saja pengalaman.

2. Makanan

        Ya, dunia makanan memang tidak ada matinya di daerah manapun. Termasuk juga di Balikpapan ini. Berhubung dengan banyaknya pendatang di daerah ini, bisnis makanan tentunya menggiurkan untuk ditekuni. Namun, hati-hati juga jika menekuni bisnis ini. Terutama soal supply bahan baku yang menurut kabar banyak di datangkan dari luar daerah bahkan luar Kalimantan.

3. Perdagangan

        Ya, usaha ini juga terus berkembang di Balikpapan. Di tempat ini anda bisa menjual barang lebih mahal dibandingkan di Jawa. Terutama untuk barang-barang sekunder yang masih jarang dijual di sini. Disinilah anda bisa memainkan margin keuntungan yang anda inginkan.

4. Property

        Bisnis perumahan berkembang pesat di kota ini. Selain karena semakin banyaknya penduduk dan pendatang di kota ini, harga tanah yang semakin mahal juga membuat orang tertarik berinvestasi di sini. Tidak heran terus bermunculan kawasan perumahan baru di tempat ini.

Hmm sebetulnya masih banyak potensi bisnis di sini. Suatu saat nanti saya akan menuliskan lebih lengkap lagi. Thank you

 

#31harimenulis

Balikpapan, 7 Juni 2013

 

D. Fajar Novianto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: