Acara Peningkatan Kinerja sebagai Sarana Meningkatkan Motivasi Karyawan

Kategori: Motivasi Karyawan, Communication

        Seperti halnya listrik yang naik turun, motivasi terkadang juga terjadi hal yang sama. Ada kalanya motivasi untuk bekerja sangat baik namun ada kalanya kita justru terpuruk. Alangkah bagusnya jika seseorang mampu mempertahankan motivasinya tetap stabil. Namun tentunya tidak ada jaminan bahwa seluruh karyawan dalam satu perusahaan dapat terus mempertahankan motivasi positifnya. Untuk itulah ada baiknya sebuah perusahaan tetap menganggarkan keuangannya melalui sebuah acara berkala mengenai peningkatan motivasi karyawannya. Demi kinerja yang lebih baik tentunya.

gambar 1. ilustrasi contoh acara*

        Ada baiknya memang jika sebuah perusahaan membuat sebuah acara khusus dalam periode tertentu dengan tujuan meningkatkan motivasi karyawan. Dalam acara tersebut dapat diberikan data pencapaian kinerja perusahaan kepada semua karyawan yang ada. Biarkan para karyawan tahu kinerja perusahaan. Dengan demikian rasa memiliki mereka terhadap perusahaan akan semakin tinggi.

        Acara itu dikemas dengan maksud mampu meningkatkan kinerja karyawan. Selain diberikan pengarahan dan motivasi juga dapat diberikan game-game menarik agar karyawan tidak bosan. Game-game tersebut wajib diikuti oleh semua orang. Tidak terkecuali pihak top management hingga kelas yang paling bawah.

        Di akhir acara dan games, nantinya akan dijelaskan maksud dari diadakan game-game tersebut. Tidak hanya disitu saja, motivator juga dapt memberikan contoh kasus dan motivasi-motivasi khusus yang dapat merangsang karyawan agar semakin bersemangat. Dalam kasus ini motivator harus mempunyai gaya komunikasi yang menghibur, dan harus bisa mengena di hati para audience-nya.

Jadi sudahkah perusahaan anda membuat acara khusus untuk meningkatkan kinerja karyawan anda?

 

*contoh ilustrasi gambar diambil dari situs http://www.motodream.net

#31harimenulis

Balikpapan, 2 Juni 2013

 

D. Fajar N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: