@sahabatBRI yang Berevolusi

KATEGORI: Perbankan, Social Media, Communication

       Beberapa waktu yang lalu saya pernah membuat tulisan berjudul “10 bank dengan follower twitter terbanyak di Indonesia“. Tulisan tersebut saya buat 17 Maret 2013 dan saya publish di blog saya. Nah kali ini tulisan saya bukan bercerita tentang 10 bank dengan follower twitter terbanyak lagi, namun terkait perubahan yang terjadi di situ. Ada salah satu bank yang mengubah akun twitternya dan kemudian memecahnya menjadi tiga akun official twitter. Bank apakah itu? Apa sajakah isi dari akun twitter terbaru mereka? Yuk intip di tulisan saya kali ini.

A. Twitter sebagai Media Mendekatkan Diri BRI dengan Nasabah

        Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia maya merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk dan promo-promonya. Hal itu jugalah yang dimanfaatkan oleh dunia perbankan untuk semakin mendekatkan diri dengan nasabahnya dan masyarakat umum. Dunia perbankan kemudian ikut masuk di dunia maya dengan memanfaatkan berbagai media. Salah satunya adalah melalui twitter.

        Saat ini sudah cukup banyak bank yang memanfaatkan twitter untuk semakin dekat dengan masyarakatumum dan nasabahnya. Penulis mencatat ada puluhan bank yang mempunyai akun twitter. Baik yang sudah official, pilloting, maupun yang unofficial. Salah satunya adalah bank BRI.

       Bank BRI sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dan juga bank dengan laba terbesar di Indonesia tentunya tidak mau ketinggalan untuk masuk ke dunia twitter. Dengan masuk ke dunia twitter maka bank akan merasakan banyak manfaat. Manfaat yang diperoleh antara lain dapat menyampaikan informasi, promo, maupun hal-hal lainnya seperti menjawab keluhan nasabah. Di sisi lain nasabah dan masyarakat umum juga dapat memperoleh informasi-informasi yang mereka perlukan dari tweet-tweet yang disampaikan oleh admin yang ditunjuk oleh pihak bank

       Pada penelitian saya pada tanggal 17 Maret 2013, BRI mempunyai piloting akun twitter yang bernama @sahabatBRI. Jumlah followernya sudah banyak dan mencapai 20.010 follower. Dengan jumlah follower sebanyak itu BRI menduduki peringkat ke 8 bank dengan follower twitter terbanyak di Indonesia per bulan maret 2013 versi saya. (Lihat 10 bank dengan follower twitter terbanyak versi saya di sini)

https://tulisansangfajar.files.wordpress.com/2013/03/bri.jpg

gambar 1. @sahabat BRI dengan 20.010 follower

        Nah, beberapa minggu terakhir ini saya mendapati bahwa akun @sahabatBRI sudah tidak ada lagi. Ketika saya coba untuk mencarinya, saya harus menerima kenyataan bahwa akun ini sudah tidak ada. Lalu pencarian pun dilakukan lebih dalam dan kemudian didapatkan sebuah hasil. @sahabatBRI sepertinya sudah dinonaktifkan. Lalu bagaimana jika masyarakat ingin mengetahui informasi dan promo dari BRI jika akun sebelumnya tidak ada? hmmm, jangan khawatir ternyata BRI sudah punya akun baru yang sudah official twitter. Tidak tanggung-tanggung BRI meluncurkan tiga akun official twitter untuk menjawab kebutuhan nasabahnya dan masyarakat umum.

SAHABT BRI

gambar 2. Bukti Pencarian @sahabatBRI

B. Kehadiran Akun Official Twitter Terbaru BRI

        Saya yang kemudian mencoba menelusuri keberadaan @sahabatBRI di twitter dan kemudian mendapatkan hasil sebagai berikut:

sahabat BRI 1

gambar 3. Percakapan antara @promo_BRI dengan @bangnaffi bagian 1

SAHABAT BRI2

gambar 4. Percakapan antara @promo_BRI dengan @bangnaffi bagian 2

        Dari percakapan di atas, akun @bangnaffi menanyakan kepada akun @promo_BRI terkait keberadaan @sahabatBRI. Kemudian akun @promo_BRI menjelaskan bahwa akun tersebut sudah di-suspended atas kemauan management BRI. Dijelaskan juga bahwa akun @sahabatBRI hanyalah akun piloting twitter. Sedangkan saat ini BRI hadir dengan akun official twitter yang tentunya lebih resmi. Jumlahnya bukan hanya satu seperti sebelumnya namun langsung tiga. Yap, sekarang BRI mempunyai tiga akun official twitter yaitu @BANKBRI_ID, @promo_BRI, dan @kontakBRI. Sekarang mari kita lihat satu-satu akun official twitter BRI yang terbaru.

1. @BANKBRI_ID

SAHABATBRI3

gambar 5. official twitter @BANKBRI_ID

      Akun BRI @BANKBRI_ID khusus untuk membahas informasi yang dikeluarkan oleh humas BRI maupun info-info dari situs perbankan atau situs informasi lainnya. Melalui akun ini kamu dapat mendapatkan berbagai informasi mengenai BRI, komentar dari orang-orang BRI, komentar dari kalangan perbankan tentang BRI dan lain sebagainya. Jadi bagi yang belum follow akun ini, segeralah follow dan dapatkan berbagai informasi dari BRI.

2. promo_BRI

sahabatBRI4

gambar 6. official twitter @promoBRI

        Jika akun @BANKBRI_ID lebih condong ke kehumasan maka untuk akun @promo_BRI lebih ke informasi produk simpanan dan tentunya promo-promo yang dikeluarkan BRI. Jadi bagi kalian yang menyukai promo dan diskon-diskon khusus nasabah BRI segeralah follow twitter BRI yang satu ini.

3. @kontakBRI

SAHABAT 5

gambar 7. official twitter @kontak_BRI

        Akun BRI @kontak_BRI merupakan official twitter BRI yang khusus membahas pertanyaan dari nasabah dan masyarakat umum terkait dengan BRI. Jumlah tweetnya sampai pukul 22.50 WITA baru berjumlah 8 tweet. Namun tentunya kita berharap akan semakin banyak pertanyaan dari nasabah dan masyarakat umum yang dibalas di sini. Jika kurang lengkap anda tentunya dapat menghubungi nomor kontak Call BRI di 14017.

        Nah, sekarang sudah tahu kan perubahan dari @sahabatBRI. Yap sekarang @sahabatBRI sudah berevolusi menjadi official twitter dengan nama yang baru. Jumlahnya sekarang bertambah menjadi tiga yatu @BANKBRI_ID, @promo_BRI, dan @kontakBRI. Tentunya diharapkan dengan adanya tiga official twitter tersebut dapat melayani nasabah BRI dan masyarakat umum dengan lebih fokus dan lebih baik. Seperti halnya dengan tagline BRI, melayani dengan setulus hati.

#31harimenulis

Balikpapan, 31 Mei 2013

D. Fajar Novianto

*Tulisan di atas merupakan opini dan pencarian data sendiri yang dilakukan oleh penulis. Tidak ada keterkaitan dengan pihak BRI sebagai suatu institusi. Penulis bertanggung jawab sendiri terhadap isi tulisan dan tidak mengatasnamakan pihak BRI.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: