Bussiness Mapping

Sebagai seorang marketing bank, salah satu hal yang terpenting adalah mengetahui potensi dari daerah anda. Anda perlu melihat apa sajakah usaha di daerah anda yang bisa dibiayai. Anda juga dapat melihat kecenderungan bisnis di daerah anda untuk kemudian dinilai layak atau tidakkah kredit diberikan.

Well, semenjak SK turun dan kemudian saya ditempatkan sebagai tim marketing maka penting untuk saya mengamati potensi di daerah saya ditempatkan. Saya harus bisa membaca bisnis yang ada di tempat ini. Saya juga harus bisa meraba-meraba bisnis mana yang bisa diberikan kredit karena potensinya yang baik.

Ingatan saya kemudian tertuju saat ojt (on job training dulu) saat melakukan bussiness mapping di daerah ojt saya. Ada dua tempat yang saya lakukan bussiness mapping yaitu sebuah mall dan sebuah komplek pertokoan dan pasar. Saya dan rekan marketing yang lebih senior kemudian mencatat satu per satu nama toko dan potensi yang ada. Kemudian merangkainya dalam satu laporan lengkap yang saya serahkan ke pimpinan cabang. Hal itu kemudian diakhiri dengan melakukan ekspansi berdasarkan laporan bussiness mapping tersebut.

Ya capek memang, tapi jika anda melakukan dengan sungguh-sungguh niscaya semua capek itu bisa digantikan dengan senyuman pimpinan anda dan rekan-rekan kerja anda. Selamat malam dan sukses selalu.

 

#31harimenulis

Balikapapan, 27 Mei 2013

 

D. Fajar N

Tinggalkan Balasan

