Ketika Tabungan Tidak Sekedar Menabung

Ada tiga jenis simpanan yaitu giro, tabungan, dan deposito. Pada awalnya membedakan ketiga simpanan tersebut relatif mudah. Namun perkembangan yang ada membuat kelebihan-kelebihan yang terdapat di salah satu jenis simpanan kemudian diaplikasikan ke simpanan yang lain. Tabungan  saat ini merupakan jenis simpanan yang sangat diuntungkan dengan berbagai variasi yang ada.

Dahulu cukup mudah untuk membedakan secara prinsipil antara tabungan, giro, dan deposito. Tabungan dari kata dasarnya tabung, yang artinya menyimpan uang. Yap, pada dasarnya tabungan dipakai orang untuk menyimpan uangnya. Uang tersebut nantinya dapat digunakan untuk tujuan tertentu, atau tetap saja disimpan sebagai cadangan uang.

Nah sedangkan giro lebih condong dipakai untuk transaksi. Untuk itulah digunakan cek dan bilyet giro dalam transaksi lewat giro. Sedangkan deposito lebih condong untuk investasi. Hal ini karena bunga dari deposito yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan dan giro. Pertanyaan kemudian muncul di sini, apakah sekarang kenyataannya seperti itu? Apakah tabungan hanya sekedar dipakai untuk menabung?

Esensi tabungan berasal dari kata dasar tabung saat ini tidaklah terlalu tepat. Memang benar bahwa tabungan dapat digunakan untuk menabung. Namun saat ini tabungan juga banyak menyediakan fasilitas untuk transaksi seperti pembelian sesuatu, tagihan, pembayaran kredit, transfer, dan lain sebagainya. Di sisi lain seperti halnya deposito yang menawarkan bunga yang besar. Saat ini beberapa jenis tabungan juga menawarkan reward yang besar. Dengan bunga tabungan sekarang yang berkisar 1-2,5% ditambah dengan hadiah langsung atau program hadiah, bisa saja jika ditotal bisa mencapai bunga 6,75% atau bahkan lebih. Yah sekarang tabungan juga sudah mendapatkan kelebihan-kelebihan yang sebelumnya hanya dimiliki simpanan jenis tertentu.

Jadi, jangan ragu untuk menabung kawan-kawan.

#31harimenulis

Balikpapan, 24 Mei 2013

D. Fajar Novianto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: