Teman Virtual yang Akhirnya Bertemu

Kategori: Game Online, Communication,  Pengalaman Hidup.

Mengenal orang dari komunikasi melalui media online mungkin banyak yang mengalaminya. Namun pada akhirnya dapat bertemu dengan orang-orang tersebut belum tentu semua mengalaminya. Saya sendiri pernah berkesempatan untuk bertemu dengan teman-teman yang saya kenal sebelumnya di dunia online. Dalam satu kesempatan, saya tidak hanya bertemu dengan satu orang saja, namun mencapai puluhan orang.

        Pernah berkesempatan menjadi seorang gamer membuat saya dapat bertemu dengan berbagai orang dari berbagai daerah di Indonesia. Berawal dari sekedar menjalani permainan secara bersama dan pada akhirnya juga bertanya tentang asal daerah para pemain di game online tersebut. Kebanyakan berasal dari kota besar seperti Jakarta, Medan, Ambon, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan sebagainya. Namun pada kenyataannya ada juga yang berasal dari kota-kota kecil, seperti Palopo, Kebumen, Purbalingga dan lain-lain.

        Game yang saya mainkan saat itu adalah Canaan Online Indonesia. Disana saya tergabung di guild (semacam perkumpulan) yang bernama awesome guild.  Guild ini mempunyai berpuluh-puluh anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dan tentunya merupakan guild terkuat di permainan tersebut.

        Hari demi hari, minggu demi minggu, dan bulan demi bulan kami lewati bermain game secara bersama-sama. Tidak terasa level  karakter kami di sana sudah semakin tinggi, dan itu tentu saja berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak di game ini. Di sisi lain kekeluargaan kami di dalam game ini juga semakin kuat. Dan dari situlah timbul keinginan untuk bertemu secara langsung di dunia nyata.

        Wacana mulai diluncurkan. Bagaimana jika diadakan gathering untuk orang-orang yang berada di kota Jogja. Yap kebetulan saat itu saya berdomisili di Jogja dan ada beberapa orang pemain dalam game ini yang berdomisili di Jogja juga. Tanpa menunggu lama ternyata ada beberapa pihak yang tertarik untuk bertemu. Jadilah kami para pemain game ini memutuskan untuk berkumpul dan bertemu secara nyata. Rencana disusun dan akhirnya diputuskan acaranya dilakukan di Empire Cafe, tanggal 12 Juli 2011.

Gathering pertama, Yogyakarta 12 Juli 2011

 Gambar

Gambar 1. Suasana saat berkumpul pertama kali di Yogyakarta

        Sesuai rencana, diadakanlah gathering untuk pertama kalinya untuk guild ini di Jogja. Acaranya dilakukan selepas salat maghrib di Empire Cafe, Gejayan, Sleman, Yogyakarta. Pesertanya tentunya para member dari guild awesome. Total ada sekitar sembilan orang anggota yang datang.

        Awal pertama bertemu, tentu saja ada beberapa orang yang merasa canggung. Yap walaupun saat berkomunikasi di dalam game bisa dengan lancar cas cis cus dalam mengobrol namun kenyataannya pada saat bertemu di dunia nyata semua bisa berbeda. Ada sedikit kegugupan karena ekspresi, maupun cara bicara mereka sangat jauh berbeda dari keseharian di dunia online.

        Untuk mengatasi kegugupan maka kami tentu saja mengobrol. Ada beberapa hal yang kami bicarakan dalam gathering ini, seperti kuliah dimana, asal dari mana, dan tentu saja berbicara tentang game ini.

Pasca Gathering di Jogja

       Cerita tentang gathering yang dilakukan member awesome guild di Kota Yogyakarta ternyata membuat beberapa kota lain ingin melakukan hal yang sama. Mereka juga ingin bertemu secara langsung dengan teman-teman awesome lainnya yang berada dalam satu kota. Tidak menunggu lama, 12 hari kemudian teman-teman di Jakarta  membuat gathering untuk member-member di kota tersebut.

 Gambar

Gambar 2. Suasana karaoke saat member Awesome berkumpul di Jakarta

        Acara di Jakarta tidak kalah meriah dengan di Yogyakarta. Setelah sempat makan dan mengobrol panjang lebar, tidak ketinggalan juga dilakukan acara hiburan yaitu berkaraoke bersama.

Gathering Nasional Guild Awesome

        Dua kali berhasil mengadakan gathering, membuat banyak anggota mengusulkan untuk melakukan gathering lagi dengan mengundang teman-teman dari berbagai kota lainnya. Pilihan tempat sendiri akhirnya jatuh di kota Jogja karena ada banyak anggota guild ini yang berdomisili di kota ini,

         Gathering rencananya akan dilaksanakan bulan September 2011 di Lombok Ijo, kota Jogya. Saya sendiri karena kebetulan sedang stay di Jogja diminta bantuan untuk mencarikan homestay bagi teman-teman dari luar kota.  Tidak hanya mencarikan homestay, saya juga bertugas untuk menjemput teman-teman dari Jakarta di stasiun untuk diantarkan ke homestay tersebut. Yah tidak masalah bagi saya, bertemu dengan mereka tentu akan sangat menyenangkan. Kami yang biasanya hanya berkomunikasi di dunia online lewat tulisan akhirnya akan bertemu untuk pertama kalinya.

         Setelah menjemput teman-teman dari Jakarta dan mengantarkan mereka ke homestay datanglah teman-teman dari Medan. Malam itu kami berkumpul, saling berkenalan, dan tentu saja berbincang-bincang. Tidak lupa beberapa kawan yang berdomisili di Jogja datang untuk menengok dan berbincang-bincang. Esok harinya beberapa kawan berkeinginan untuk berwisata di Candi borobudur, karena ada keperluan saya tidak bisa ikut.

        Hari berikutnya kawan-kawan dari kota lain juga mulai datang. Ada yang jauh-jauh datang dari Pontianak untuk bertemu dengan kawan-kawan dari Jogja dan Jakarta. Tidak ketinggalan juga ada kawan dari Semarang juga menyempatkan hadir di acara ini.

         Dan akhirnya hari gathering yang ditunggu-tunggu tiba juga. 10 September 2011 pukul 19.00 WIB di Lombok Ijo Resto. Hampir 30-an orang datang di acara ini dari berbagai daerah di Indonesia. Kami yang pada awalnya hanya kenal di dunia online akhirnya dapat bertemu dengan teman-teman online kami secara langsung. Orang yang terlihat menyebalkan di dunia online ternyata bisa sangat baik saat bertemu. Ya banyak sekali hal-hal lucu dan mengejutkan yang saya dapatkan dari melihat tingkah laku dan ucapan mereka.

          Kami semua akhirnya menghabiskan waktu hingga larut malam. Acara selesai setelah makan malam? tentu saja tidak. Setelah itu kami masih menyempatkan diri untuk berkaraoke bersama untuk memeriahkan acara.

         Sebuah pengalaman yang sangat berkesan bisa bertemu teman-teman. Seseorang yang sangat akrab di  dunia online bisa saja terlihat sangat canggung ketika berbicara di dunia nyata. Namun dari sinilah kita belajar bahwa komunikasi di dunia online itu berbeda dengan dunia nyata. Seseorang bisa mempunyai kepribadian yang beda di dunia maya dan dunia nyata. Tapi tentunya itu tidak menjadi masalah bagi saya. Tergantung bagaimana kita memahaminya.

Gambar

 Gambar 3. Foto bersama setelah makan malam di Lombok Ijo

“Teman tidak hanya kalian temukan di dunia nyata.

Di dunia maya pun kalian bisa mendapatkan teman.”

 

#31harimenulis

Jakarta, 15 Mei 2013

 

D. Fajar Novianto

2 thoughts on “Teman Virtual yang Akhirnya Bertemu

  1. Hartadi Soe Mei 30, 2013 pukul 5:32 am Reply

    Aw Aw Aw Awesome!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: