“Sebungkus Rokok” Tunjukan Dirimu maka Kamu yang Diambil

Kategori: Motivation, Communication

Saya dan rekan-rekan kerja sehabis pulang kerja memang menyempatkan diri untuk berbincang-bincang sebelum pulang. Mengobrol banyak hal dari omongan tentang perbankan, isu-isu terkini, dan lain sebagainya. Nah hari itu kebetulan atasan saya menyempatkan diri untuk mengobrol bersama kami. Kesempatan langka yang tentunya sayang untuk tidak kami manfaatkan.

IMG00581-20130515-1212

         Inti pembicaraan kami saat itu adalah mengenai bagaimana cara menunjukkan diri di depan banyak orang. Terkadang untuk beberapa orang, menciptakan keeksisan diri itu susah. Hal ini disebabkan karena adanya perasaan takut, malu, melihat orang lain lebih mampu, dan lain sebagainya. Padahal memendam kemampuan dan tidak menunjukkannya kepada orang lain dapat menjadi kerugian bagi orang tersebut. Apalagi jika ada orang lain yang secara kemampuan sebetulnya msih dibawah kita namun dia selalu show on. Tentunya jika ada sebuah case dimana yang dibutuhkan adalah orang dengan kemampuan itu, orang lainnya yang akan ditunjuk bukan anda. Walaupun pada dasarnya sebetulnya anda lebih punya kemampuan dibandingkan dia, namun karena anda tidak pernah menunjukannya maka jelas hal itu sia-sia.

         Jangan pernah marah jika pada suatu kesempatan anda ditunjuk oleh beberapa teman anda untuk posisi tertentu. Justru anda harus memanfaatkan kesempatan itu. Buatlah diri anda terlihat eksis dan berkesan di mata teman-teman maupun atasan anda. Orang yang biasanya ditunjuk-tunjuk oleh teman temannya akan selalu dikenang. Nantinya jika ada pekerjaan yang menuntut kompetensi yang anda punyai, maka anda punya kesempatan untuk dipanggil memikul pekerjaan itu dibandingkan orang lain,

Sebungkus Rokok dan Keeksisan Diri

       Untuk dapat menggambarkan apa yang saya sebutkan di atas saya menganologikannya dengan sebungkus rokok. Mengapa sebungkus rokok? Yuk perhatikan gambar di bawah ini:

IMG00579-20130515-1212

Gambar 1. Sebungkus rokok lengkap.

          Bayangkan anda berada dalam suatu komunitas atau suatu  pekerjaan tertentu dengan banyak orang yang memiliki kompetensi sama. Ketika ada suatu pekerjaan dan jabatan baru yang menanti, atasan anda akan memilih salah satu dari anda. Jika tidak ada yang menonjol, tentunya atasan anda akan kesusahan dalam memilih siapa yang cocok untuk jabatan ini.

         Hal ini berlaku juga di gambar di atas. Posisi rokok yang sama membuat siapapun dapat mengambil rokok dari posisi mana saja. Bisa dari tengah, kiri, maupun kanan.

Nah, selanjutnya simak baik-baik gambar kedua:

IMG00580-20130515-1212

Gambar. 2 Sebungkus rokok yang dimajukan dua batang rokok posisi tengah.

         Jika ada seseorang menawarkan rokok dengan posisi seperti ini, rokok mana yang diambil? Tentunya rokok yang berada di tengah. Hal ini karena posisinya memang terlihat beda, dan tentunya lebih mudah untuk diambil dibandingkan rokok yang lain.

          Begitu juga dengan hidup anda. Keeksisan dan kompetensi diri yang anda tonjolkan ibarat rokok di bagian tengah ini. Suatu saat percayalah jika perusahaan membutuhkan orang dengan kompetensi yang anda punya, walaupun mungkin ada orang lain yang lebih punya kemampuan, andalah yang tetap menjadi pusat perhatian untuk mengambil posisi itu.

Gambar terakhir, simak baik-baik:

IMG00582-20130515-1212

Gambar 3. Posisi batang rokok paling kanan yang dimajukan

         Jika diberi rokok dengan posisi seperti ini, rokok mana yang akan anda ambil? Tentunya yang paling kanan juga. Dengan demikian, tidak peduli anda penempatan di mana, atau anda saat ini berada di mana, jika memang kemampuan anda sudah terdengar dan teruji anda bisa saja tetap mendapatkan posisi tertentu jika memang kesempatan itu datang.

         So, jangan malu dan ragu untuk menunjukkan kompetensi anda mulai dari sekarang. Anda hidup bukan hanya untuk menjadi orang pintar, namun juga harus “pintar-pintar” membaca kondisi dan peluang. Kesempatan itu kita yang buat, begitu masanya tiba anda hanya tinggal memanennya. Jangan ragu untuk show on kawan-kawan. Tunjukan kompetensi yang kamu punyai dari sekarang.

#31harimenulis

Jakarta, 15 Mei 2013

D. Fajar N

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: