Layanan Perbankan di Taman Mini Indonesia Indah

Kategori: Soft News

Saat ini penentuan lokasi bank bukan hanya berada di jalan utama, dekat perkantoran besar, akses transportasi umum bagus, dan sebagainya. Namun ada kalanya pemilihan lokasi bank berdasarkan pelayanannya yang khusus terhadap lingkungan tertentu atau komunitas tertentu. Tidak heran saat ini anda bisa melihat bank berada di lingkungan pasar, apartemen, bahkan juga di tempat wisata.

Hari ini aku berkesempatan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Yah sudah lama sekali aku tidak berkunjung kemari. Terakhir kali aku berkunjung kemari itu saat study tour SMP dulu. Kira-kira sekitar 10 tahun yang lalu.

Perjalanan kutempuh dari Ragunan ke TMII menggunakan motor. Ternyata tidak terlalu jauh, hanya sekitar 30 menit saja. Aku beruntung sekali hari ini tidak macet dan hujan saat aku berangkat. Jika dalam kondisi macet mungkin baru 1 jam aku akan sampai di sana.

Sesampainya di sana aku harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Rinciannya adalah motor Rp 6.000,00 dan tiap orang harus membayar Rp 9.000,00. Segeralah kubayar dan mendapatkan tiket masuk dari petugas. Yap, kemudian aku meneruskan jalan-jalanku. Rasanya seperti nostalgia bagiku bisa kembali ke sini lagi sejak 10 tahun yang lalu.

Kuamati sekelilingnya, tampak hanya sedikit perubahan. Namun memang kawasan TMII masih tertata rapi. Pandanganku selanjutnya kemudian tertuju pada air mancur besar dekat pintu gerbang. Aku kemudian belok ke kiri dan apa yang kulihat? Ya aku melihat ada dua bank membuka unit kerjanya dalam TMII. Pikiranku lau bergejolak, mengapa ada bank yang membuka unit kerjanya dalam objek wisata?

Biasanya dalam objek wisata memang bank memberikan layanannya namun hanya terbatas ATM. Nah, hari ini baru kulihat ada bank yang membuka layanan unit kerjanya di dalam objek wisata. Dua bank tersebut adalah Bank BRI dan BNI.

Berikut penampakannya:

a. Bank BRI di lingkungan TMII

Gambar

B. Bank BNI di lingkungan TMII

Gambar

Kedua bank tersebut lokasinya berdekatan, hanya beberapa meter. Terlihat juga dalam satu deret terdapat TMII Information Center. Lokasinya cukup strategis karena berada dekat dengan parkiran dan tidak berada di bagian belakang TMII.

Mungkin ada alasan tertentu mengapa bank sampai membuka layanan di dalam objek wisata. Misalnya membuka akses perbankan selebar-lebarnya kepada penjual di TMII, pengelola TMII, dan tentunya pengunjung  TMII. Aku rasa kedua bank tersebut membuka kantor layanan di sana  tentunya sudah memperhitungkan potensi bisnis yang ada dan hal-hal lainnya.

Selain membuka dua unit kerja di situ, BRI dan BNI tentunya juga menyediakan ATM. Nah jika bicara ATM, ada juga ATM Mandiri dan CIMB Niaga. So, apalagi yang ditakutkan oleh pengunjung TMII jika kekurangan uang cash di dompet. Selain menyediakan banyak objek wisata dan pengetahuan, di TMII anda juga bisa melakukan transaksi perbankan.

Jakarta, 23 Maret 2013

Dwi Fajar Novianto

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: