Wisudamu

Setiap mahasiswa pasti menginginkan wisuda sebagai akhir dari pendidikan kuliah mereka. Namun tidak semua mahasiswa satu angkatan bisa lulus bersama-sama. Ada berbagai faktor yang menentukan lamanya seorang mahasiswa mencapai tahap wisuda.Tentunya semua kembali ke niat sang mahasiswa.

Pernah ada ungkapan, masa-masa yang paling indah adalah masa SMA. Namun ada juga temanku yang berkata. “itu ungkapan jaman dulu jar, pas masa itu pasti kebanyakan orang pendidikannya hanya sampai SMA, hahaha”.

Well, masa-masa kuliah memang masa yang mengasyikan. Terkadang saat kuliah anda hanya menjalani 4-10 kuliah tiap semester. Saya sendiri, saat kuliah hanya mengambil sekitar 7-8 mata kuliah tiap semester. Yah cukup sedikit, namun dengan sks per mata kuliah 2-3 sks maka saya bisa mengambil 22-24 sks per semester.

Setelah melewati masa-masa pelajaran saat kuliah, maka anda akan menghadapi masa yang dianggap berat. Yap, itulah skripsi. Banyak orang menyebutnya sebagai masa-masa yang bebas, karena semua yang menentukan disini adalah kita sendiri. Apalagi jika kita mendapatkan dosen pembimbing yang cuek. Yah, jika tidak ada niat dan kemauan  dari diri sendiri untuk menyelesaikan skripsi,  mana mungkin skripsi selesai. Dengan demikian impian untuk wisuda juga tidak akan mungkin tercapai.

Lalu apakah resep jitu menyelesaikan skripsi sehingga kita bisa wisuda. Jika saya dulu, saya akan mengingat ibu. Ibu selalu mendoakan anaknya agar sukses dan cepat lulus kuliah. Jangan sampai ibu kita mengaggap bahwa doanya untuk kesuksesan kita yang kurang. Padahal sebetulnya kita yang ogah-ogahan mengerjakan skripsi. Bayangkan ibumu begitu bangganya melihat wisudamu. Disaat wisuda itu, anda akan tersenyum dengan bangganya dan berkata dalam hati, “berkat doa ibulah aku bisa berdiri di sini. terima kasih bu”.

Jakarta, 15 Maret 2013

 

Dwi Fajar Novianto

2 thoughts on “Wisudamu

  1. dubudino Maret 17, 2013 pukul 7:13 am Reply

    Rasanya pengen retweet gulig-guling deh.
    jadi inget gimana rasanya skripsi sendiri, terus temen-temen se geng udah lulus semua.
    skripsi menurutku merupakan perwujudan diri deh.
    meski aku lambah dan rada males, tapi tetap tak syukuri karena banyak pengalaman berharga yang tak dapet dalam proses skripsi itu sendiri.
    terus abis kelar skripsi dan wisuda rasanya ya gitu aja. bangga sih iya…
    tapi perjuangan pas mau kesitu itu yang lebih bermakna deh.😀
    demikian blabering saya.
    kapan mau wisuda lagi mas???

    • Dwi Fajar Novianto Maret 17, 2013 pukul 2:43 pm Reply

      nanti ya ken,semoga ada rejeki bsa S2. biar bisa wisuda lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: