Jalur Management Trainee Dunia Perbankan.

Kategori: Opini

Pada saat job fair, bank menjadi salah satu pihak yang sering berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka menawarkan berbagai jenis lowongan untuk para job seeker yang datang ke stand mereka. Lowongan yang ditawarkan bervariasi, dari mencari profesional hire, customer service, teller, bahkan management trainee-nya.

 

 

        Jalur management trainee bank masih menjadi salah satu favorit lowongan yang diincar para job seeker. Hal itu terbukti dengan banyaknya aplikasi yang ditujukan ke bank-bank yang membuka lowongan ini. Namun tidak menutup kemungkinan juga masih ada beberapa orang yang ragu dalam mengajukan lamaran untuk posisi ini. Biasanya itu terkait hal-hal tertentu atau ketidaktahuan mereka tentang management trainee di bank.

        Saat ini banyak bank membuka lowongan management trainee di bank mereka. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) terkait posisi tertentu. Anda akan melihat banyak lowongan management trainee dengan berbagai nama. Seperti contohnya BRI dengan programnya yang bernama Program Pengembangan Staff (PPS). Lalu ada juga Mandiri dengan program officer development progmam (ODP), BCA dengan BCA Development Program (BDP), ataupun BNI dengan ODP-nya juga. 

        Yah apapun namanya ini, jalur yang ditempuh sama yaitu melalui pendidikan terlebih dahulu. Lama pendidikannya bervariasi antara 6 bulan hingga satu tahun, bahkan bisa lebih. Anda akan diajari berbagai hal dari pengetahuan tentang ekonomi, perbankan, marketing, soft skill, dan lain sebagainya. Pikiran anda akan terbuka lebar di situ dan anda akan berfikir jauh di depan.

          Saya kebetulan juga sedang menempuh jalur ini juga. Manfaat yang saya dapatkan luar biasa. Saya bisa mendapatkan banyak pengetahuan ekonomi, perbankan, dan banyak hal lain. Padahal sebetulnya basic pendidikan saya adalah ilmu komunikasi. Nah ini dia yang sering ditanyakan orang juga ke saya. “Basic pendidikan saya kan bukan ekonomi, apakah cocok di dunia perbankan?”. Hmmm… ini tergantung anda sendiri. Banyak juga teman-teman saya yang bukan lulusan ekonomi namun mereka juga memiliki kemauan dan kemampuan belajar yang melebihi kawan-kawan dari ekonomi.

        Apalagi di sini juga anda mendapat pendidikan terlebih dahulu. Jadi tidak langsung dilepas ke dunia kerja. Anda belajar dan belajar dulu baru nantinya setelah dirasa sudah matang akan dilepas ke dunia kerja. Enaknya lagi selama pendidikan anda juga sudah diberi uang saku. Namun hendaknya reward itu juga diimbangi dengan tanggung jawab anda dalam belajar dan dalam hal lainnya.

        Lulusan program ini ketika lulus anda akan mendapat posisi tertentu yang biasanya lebih tinggi daripada anda mencoba karir langsung dari bawah. Bukan saya mengecilkan orang-orang yang memulai karirnya dari bawah. Mereka juga dapat mencapai apa yang dilakukan oleh lulusan program ini, namun kemungkinan jalurnya lebih panjang. Atau bisa juga orang-orang ini mengikuti program management trainee dari internal perusahaan.

        Para lulusan program management trainee akan diarahkan nantinya untuk jadi pimpinan perusahaan, seperti kepala cabang, kepala bagian, grup head, kepala divisi, bahkan direksi. Namun lagi-lagi akan balik ke kemampuan anda dan tentunya keberuntungan. Yah, setidaknya anda sudah berada di jalurnya. Sisanya tinggal jalani, usaha, berdoa, dan biarkan campur tangan Tuhan di situ.

        So apalagi yang ditakutkan untuk menempuh karir di dunia perbankan lewat jalur management trainee? Ini adalah jalur yang disiapkan untuk menjadi pemimpin di suatu perusahaan. Namun jadi atau tidaknya ya tergantung anda sendiri. Hal terpenting jika anda bisa masuk ke sini, anda sudah berada di jalurnya.

 

Jakarta, 12 Maret 2013

D. Fajar Novianto

4 thoughts on “Jalur Management Trainee Dunia Perbankan.

  1. dubudino Maret 17, 2013 pukul 7:27 am Reply

    semangat terus ya mas fajar.
    ditunggu undangannya….
    kalo mt itu kebanyakan cowo2 ya??

  2. heru Juli 31, 2013 pukul 3:12 pm Reply

    mas keahlian apa saja yang harus di kuasai di dunia perbankan

    trima kasih

    • Dwi Fajar Novianto Agustus 6, 2013 pukul 4:04 pm Reply

      masalah keahlian itu elatif tergantung posisi yang diinginkan, semua itu bisa dipelajari. Yang mungkin harus diutamakan adalah masalah kepribadian. Jadilah pribadi yang baik untuk berkarir di dunia perbankan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: