Review Tulisan : Berkaca dari Kegagalan

Setiap orang pasti pernah gagal. Baik karena sudah berusaha keras atau karena merasa masih kurang usaha. Ada yang berakhir happy ending namun juga banyak yang berakhir sedih. Dari beberapa diskusi mengenai topik ini, pada akhirnya semuanya  akan kembali dalam sebuah pertanyaan “bagaimana kamu menyikapi kegagalan?”

 

Gambar

Hari ini sebetulnya saya ingin mereview tulisan-tulisan saya. Namun mungkin ada baiknya tema yang ingin saya review adalah kegagalan yang saya alami dari tulisan-tulisan saya sebelumnya. Diawali dari tulisan pertama saya, Pesan Untuk Lulusan Tidak Cumlaude https://tulisansangfajar.wordpress.com/2012/10/27/pesan-untuk-lulusan-cumlaude/ . Saya mendapat inspirasi itu karena saya menjadi pengangguran selama dua bulan sebelum dapat kerja. Ternyata lulus dengan cumlaude belum tentu langsung dapat kerja. 

Tulisan lainnya antara lain “siapa  bilang kami bodoh”  https://tulisansangfajar.wordpress.com/2012/10/29/siapa-bilang-kami-bodoh/  . Terinspirasi karena banyak teman yang merasa gagal akibat kepintaran seseorang hanya dinilai dari matematika dan ilmu-ilmu pasti saja.

Ada juga tulisan “Menjalani Hidup Sebagai Seorang Gamer”, https://tulisansangfajar.wordpress.com/2012/12/31/menjalani-hidup-sebagai-seorang-gamer/ . Terinspirasi dari salah satu kegagalan terbesar dalam hidup saya karena berkecimpung  di dunia game online selama bertahun-tahun.

Ada Lagi “ Ketua Kelas Di Penghujung Mudaku”, https://tulisansangfajar.wordpress.com/2012/12/31/ketua-kelas-di-penghujung-mudaku/Walaupun saya sedang menertawakan diri saya di tulisan itu. Namun dibalik itu semua, saya selalu gagal jadi ketua kelas. Perlu waktu hingga 11 tahun sekolah saya baru bisa jadi ketua kelas. Sedangkan di sisi lain saya sudah menjadi pimpinan di beberapa organisasi lain.

Lalu ada juga kegagalan lain dalam hidup saya seperti kisah ” Istory Senayan- Kisah Sial Anak Muda Dalam Perjalanannya ke Sana Part 1-4 . https://tulisansangfajar.wordpress.com/2012/12/31/istory-senayan-kisah-sial-anak-muda-dalam-perjalanan-pertamanya-kesana-part-1/. Kegagalan saya dalam sehari ditambah kesialan-kesialan yang saya alami dalam satu hari full. Namun ternyata itu bisa menjadi cerita.

Ada banyak cerita lain tentang kegagalan dalam hidup yang saya alami, dari salah kostum, dikhianti teman, ditusuk dari belakang, gagal jadi pimpinan, hidup yang tidak teratur, maupun banyak peristiwa kegagalan lain yang saya alami. Saya tidak menyalahkan sepenuhnya kegagalan-kegagalan yang pernah saya alami. Semua itu sudah diatur Allah SWT. Saya pun tidak akan menjadi seperti sekarang jika tidak mengalami banyak kegagalan di masa lalu. Jangan pernah salahkan kegagalanmu, karena kegagalanmu yang membentuk dirimu sekarang.

Sekarang ini saya senang sekali jika banyak orang besar bercerita di depanku. Tapi saya paling suka jika orang-orang yang besar itu juga menceritakan kegagalan-kegagalan mereka di masa lalu. Karena saya percaya orang-orang yang menjadi besar sekarang, pastinya dulu juga sering mengalami fase-fase kegagalan. Seperti yang saya bilang tadi kegagalan di masa lalu akan membentuk dirimu saat ini.

 

Ragunan, 11 Januari 2013

Tinggalkan Balasan

