Jadi “Penyiar” Radio -__-“

Selamat sore pendengar setia radio xxx, berjumpa kembali dengan saya, Fajar di radio kesayangan anda, bla bla bla dan bla. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan bla bla dan bla… Well sebelum kita bahas lebih dalam, kita dengerin dulu lagu dari bla bla bla.

Gambar

Dulu waktu masih kuliah saya pernah menjadi “penyiar” radio. Eits jangan berfikir macam-macam dulu, “penyiar di sini” bukan menunjukan bahwa saya berkecimpung di dunia radio. Bukan juga sebagai penyiar radio di radio komersial. Namun hanya di radio yang dimiliki jurusan komunikasi. Prakteknya hanya beberapa jam saja namun cukup berharga juga. Terutama kalo ditanya, “tau apa kamu soal radio, emangnya dah pernah siaran”. Sudah-sudah, saya sudah pernah siaran kok, walaupun dengan materi ala kadarnya. Hahaha.

Kadang orang pikir menjadi penyiar radio jika dasarnya cerewet akan lebih mudah. Namun seperti halnya public speaking, menjadi penyiar radio anda harus memperhatikan intonasi, tempo, artikulasi dari suara anda. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat. Ditambah lagi anda harus pintar  menciptakan suasana yang bagus dalam siaran. Membuat bagus mood orang hanya dengan suara agak susah lo. Kenapa? karena fokus untuk komunikasinya hanya dari suara saja.

Saya waktu siaran dulu juga agak kebingungan. Terutama membagi tik tak dengan pasangan saat siaran. Karena waktu itu ada dua rekan perempuan saya yang juga siaran dan materi diskusi mereka membahas soal dunia wanita. Saya hanya bisa melongo. Hahahaha. Salah satunya  jalan saya ikut pembicaraan mereka adalah dengan mengintersep pembicaraan mereka, “ok kawula muda saatnya mendengarkan lagu dari Sheila On Seven- Radio. Chek it out” . Hahaha. Sorry Citra dan Fanny.

 

Ragunan, 10 Januari 2013

Tinggalkan Balasan

