Menikmati Kuliah Penulisan Naskah Iklan Part 2

Ini mungkin mata kuliah dengan orang paling sedikit yang saya ikuti selama kuliah. Namun kesannya luar biasa karena mahasiswannya dididik untuk kreatif dan inovatif dalam berpikir. Belum lagi fakta  bahwa saya tidak pernah membolos di mata kuliah ini. Bukan hanya karena kelasnya begitu menarik namun juga karena tidak bisa titip absen. Bagaimana bisa titip absen jika kelasnya saja sedikit mahasiswanya. Pasti ketahuan. Hahaha

 

Gambar

Dosen kami di sini sangat energik, berjiwa muda, dan sangat menghargai usaha orang. Jika memang hasil karyamu biasa-biasa saja, namun beliau melihat ada usaha keras disitu, bisa saja beliau akan memberikan nilai yang bagus pula.

Pada awal masuk sudah ditentukan produk yang akan jadi materi selama satu semester. Tugas kami adalah membuat integrated marketing communication-nya dengan pertimbangan kasus atau tujuan tertentu. Pelaksanaannya adalah  berkelompok bukan individual. Setiap kelompok diibaratkan sebagai agency iklan dan diwajibkan mempersembahkan karyanya tiap minggu. Nantinya seusai presentasi akan diberikan komentar dari kelompok lain dan  dari dosen tentunya.

Pada awal masuk, Pak Dosen menjanjikan bahwa peringkat 1-3 di mata kuliah ini  akan pitching di depan klien atau agency iklan sungguhan pada akhir semester. Belum lagi iming-iming bahwa mereka yang terbaik akan diberikan nilai A.  Maka semakin bersemangatlah kami karena janji surga itu. Ingat mahasiswa itu lebih tertarik dijanjikan dapat nilai A dibandingkan dapat Nilai B + Rp 100.000,00. Hahaha

Maka dimulailah ide-ide kreatif dari setiap kelompok. Karena progres dan hasil penilaian dinilai tiap minggu. Semua kelompok berfikir dan mencoba mengeksekusi ide-ide liar anak muda. Dan dari situlah kami belajar. Belajar dari kesalahan yang tercipta tiap minggu. Belajar dari kesalahan kelompoknya dan orang lain. Sangat banyak pengalaman dan ilmu yang kami  dapatkan tiap minggu.

Jika kadang saya datang telat di mata kuliah lain, di kuliah ini saya selalu mengusahakan on time. Walaupun kuliahnya cukup pagi, pukul 07.00 WIB tapi saya menikmatinya. Dalam kuliah ini saya menikmati dua hari tidak tidur karena memikirkan ide apa yang akan kami presentasikan di mata kuliah ini dan bagaimana eksekusinya. Saya menikmati pagi-pagi masih ngobrol dengan teman karena ide belum keluar. Saya menikmati pergi jalan-jalan muterin Jogja hanya untuk mendapatkan sebuah ide. Karena ternyata ide itu sangat mahal harganya. Saya menikmati kebahagiaan saat itu ketika kelompok kami masuk 3 besar kelompok yang pitching. Luar biasa rasanya ketika kamu sangat menikmati suatu mata kuliah.

Selanjutnya terima Kasih untuk teman-teman di Mata Kuliah Penulisan Naskah Iklan di tahun 2009. Kalian adalah orang-orang berani, kreatif, dan mengesankan. Suatu saat nanti di masa depan, kita mungkin hadir kembali di mata kuliah ini lagi. Bukan sebagai peserta, namun sebagai praktisi periklanan atau bagian dari perusahaan yang produknya dijadikan sample dari campaign yang dikompetisikan di mata kuliah ini.

 

Ragunan, 9 Januari 2013

 

 

 

2 thoughts on “Menikmati Kuliah Penulisan Naskah Iklan Part 2

  1. dubudino Februari 14, 2013 pukul 2:59 am Reply

    wah wah wah.. aku kenal mas-mas hem item itu. keke~~
    dimana sih mas iqbal satu itu sekarang?🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: