Berpikir yang penting logikanya ada…

Dengan mengesampingkan tentang alam gaib, kejadian-kejadian irasional, dan sesuatu yang merupakan sebuah keajaiban, jawaban dalam hidup ini sebetulnya hanya berkutat pada logika, logika dan logika. Mau bagaimanapun bentuk jawabannya yang penting logikanya aja harus jalan.

Copy of 423705_3012100860018_1187407943_32575591_132012626_n

Orang-orang besar yang sudah menjalani hidup lebih lama dariku sering sekali memberikan banyak petuah tentang hidup ini. Orang-orang tersebut sudah banyak mengalami asam garam kehidupan. Dikhianati, ditikam dari belakang, naik sukses karirnya, dan banyak lagi. Bertemu dengan orang-orang seperti itu tentunya sangat sayang jika kami tidak banyak bertanya. Pengalaman mereka itu harga yang mahal karena belum tentu kami dapat bertemu kembali dan beliau akan menjawab pertanyaan kami di kemudian hari.

Satu kesamaan yang saya temui jika saya bicara dengan orang-orang yang sudah makan asam garam kehidupan adalah apapun yang kita lakukan harus ada logikanya. Terlepas apakah itu salah atau betul, logika akan  membimbing kita rasional dalam melakukan pekerjaan. Jawaban yang diberikan pun akan lebih mudah diterima karena orang bisa paham apa yang kita maksud. Jika kita ngomong A ya orang harus paham maksud kita A.

Menjawab dengan logika juga membuat pertanyaan-pertanyaan yang kita terima cenderung lebih sedikit. Mengapa? karena orang paham maksud kita. Orang paham apa yang kita kerjakan atau kita bicarakan memang dapat diterima oleh akal sehat.

Well, mulai sekarang, berikanlah jawaban yang ada logikanya. Berbicara dengan ada logika dalam setiap perkataan anda. Bekerjalah dengan ketentuan-ketentuan yang logikanya masuk menurut anda. Jika anda berdebat dengan orang-orang yang logikanya jalan dan ingin memenangkan perdebatan, bawa pembicaraan ke dunia anda. Tarik masuk dia ke dunia anda, dan mainkan ranah kualitatif. Tapi ingat logika juga harus jalan di situ.

Ragunan, 5 Januari 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: