Jika saya bergolongan darah AB …….

” Sering kali saya mendapatkan pemberitahuan mengenai kebutuhan darah AB dari berbagai media yang saya gunakan. Beberapa kali dari twitter maupun BM di BB. Intinya sama, ada seseorang sedang sakit dan membutuhkan donor darah golongan darah AB. Lalu apa yang anda lakukan jika golongan darah anda bukan AB? Diam saja atau…?”

Gambar

Jika saya menemukan adanya pemberitahuan kebutuhan darah AB dari berbagai media tersebut. Ingatan saya selalu merujuk kepada sebuah komunitas yang sangat unik yang berdiri di Yogyakarta. Komunitas ini bernama Komunitas AB. Sebuah komunitas yang sangat unik karena seluruh anggota aktifnya bergolongan darah AB.

Dulu saya sempat dua kali membahas komunitas ini saat kuliah. Saat ada tugas makalah di mata kuliah tertentu dan satunya lagi saat saya membuat artikel untuk dipajang di media online Bulaksumur Pos, surat kabar mahasiswa UGM. Gini-gini sewaktu kuliah pernah berkecimpung di dunia jurnalis juga lo. hehehe.

Yang paling saya ingat dari dua kali membahas komunitas itu adalah bahwa manusia dengan golongan darah AB sangat sedikit. Persentasenya bisa 2:100. Sehingga sangat sering stok golongan darah AB di PMI paling sedikit dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Selama saya hidup, sudah 4-5x saya menghubungi orang yang memajang pengumuman bahwa mereka atau saudara mereka membutuhkan golongan darah AB. Saya langsung sms, telpon, atau bbm jika ada orang yang memang membutuhkan darah AB walaupun golongan darah saya bukan AB. Mereka saya berikan contact person komunitas AB, jika domisili mereka atau pasien di Yogyakarta atau di Jakarta. Kebanyakan saya tidak kenal mereka, namun ini kemanusiaan. Bayangkan saja jika itu terjadi di keluarga kita.

Jadi jika teman-teman mendengar atau melihat ada pihak yang membutuhkan golongan darah AB karena sanak saudaranya sedang sakit jangan panik. Anda memang bisa mencari orang lain yang bisa mendonorkan darahnya. Namun anda juga punya fasilitas lain untuk dibantu oleh komunitas AB ini.

Segeralah berikan contact person komunitas ini. Namun ingat jangan memeprjual-belikan darah disini atau juga mengambil keuntungan dari komunitas ini. Kemanusiaan jangan diperjualbelikan. Ingat adzab dari Tuhan.

Berikut no contact yang dapat anda hubungi:

Untuk kebutuhan darah AB Anda dapat menghubungi :

Sekretariat : Jl. Mayjend Sutoyo 16 B, Ndalem Suryowijoyo

Telp 0274-411579.

Contact Person Bpk Arif Agus

Hand Phone : 085228214597.

e-mail abkomunitas@gmail.com,

Facebook : Komunitas GOLONGAN DARAH AB

atau

KOMUNITAS AB JAKARTA

Jl. Rawamaja No.35 Cipete Jaksel.

Cp. Bpk. Ariman

Hp. 0896 3608 1099 – 0811 198 9925

FB : Komunitasab Dki Jakarta,

Blog : http://komunitasabdki.blogdetik.com

Sebagai penutup saya lampirkan artikel saya di bulaksumur online yang termuat di bulan Maret 2009

Komunitas AB: Terlahir Untuk Berbagi

Keberadaan komunitas ini sangat membantu masyarakat bergolongan darah AB yang dalam keadaan mendesak membutuhkan tranfusi darah.

Komunitas AB lahir dilatarbelakangi oleh kesadaran dan kepedulian beberapa orang yang memiliki golongan darah AB terhadap kelangkaan golongan darah ini. Golongan darah AB sendiri  pertama kali ditemukan oleh Alfred Von Decastello dan Adriano Sturli pada tahun 1901. Secara ilmiah golongan darah AB merupakan golongan darah yang memiliki antigen A dan antigen B sekaligus. Akan tetapi hal yang amat mengkhawatirkan ialah terbatasnya jumlah orang yang memiliki golongan darah ini. Riset menunjukkan bahwa perbandingan orang yang memiliki darah AB ialah 2 : 100 yakni berarti dari 100 orang hanya 2 orang yang tercatat memiliki golongan darah AB. Keterbatasan pemilik darah AB tersebut menjadi sebuah kendala yang kerap merepotkan banyak pihak bahkan tak jarang membahayakan nyawa seseorang. Hal tersebut dapat terlihat pada stok darah yang sering kosong ketika terjadi permintaan transfusi darah golongan AB di PMI terlebih ditambah dengan kenyataan sulitnya mencari donor dari keluarga yang juga terbatas jumlahnya.

Atas dasar itulah komunitas AB resmi berdiri pada tanggal 20 Mei 2008 bersamaan dengan 100 tahun Hari Kebangkitan Nasional. Komunitas yang bermarkas di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo 16B, Suryowijoyo, Yogyakarta diprakarsai oleh Imam Maulana. Pada  11 Desember 2007, dia pernah menulis di media cetak tentang susahnya mendapatkan golongan dasar AB. Berkaca dari situ, dia dan beberapa rekan yang bergolongan darah AB sepakat membentuk komunitas AB yang membantu masyarakat bergolongan darah AB dalam tranfusi darah.  Komunitas ini sangat unik karena semua anggotanya bergolongan darah AB.

Sebagai komunitas baru, jumlah anggota komunitas AB sudah terbilang cukup banyak. Menurut Arif Agus S, sekretaris komunitas AB sampai bulan Maret 2009 jumlah anggota komunitas AB sudah mencapai lebih dari 300 orang dan tersebar tidak hanya di Yogyakarta.   Keanggotaan Komunitas AB juga bersifat terbuka bagi siapapun tanpa memandang apapun, baik batasan usia, suku agama, maupun ras. Persyaratan untuk bergabung dalam komunitas ini hanya bergolongan darah AB, namun jika ada orang yang bukan bergolongan darah AB tetapi peduli dan tertarik, juga diperbolehkan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan komunitas ini.

Arif menuturan pula selama menjadi pengurus komunitas AB banyak pengalaman menarik di tiap anggota. “Ada pengurus inti komunitas AB yang bertemu lagi dengan musuhnya sewaktu SMA di komunitas ini. Namun mereka akhirnya bisa berdamai setelah berkumpul di komunitas AB. Bahkan sang pengurus mau menyumbangkan darahnya kepada musuhnya sewaktu sang musuh menerima bencana,” tuturnya sambil tersenyum. Selanjutnya dia berharap semoga masyarakat dengan golongan darah AB mau bergabung dengan komunitas ini sedangkan masyarakat yang bergolongan darah lain mau membuat komunitas sesuai golongan darahnya untuk ikut membantu sesama.

 

Raguan, 4 Januari 2013

One thought on “Jika saya bergolongan darah AB …….

  1. chie1330 Mei 1, 2014 pukul 8:53 am Reply

    Reblogged this on I see, I hear, I learn, I write and commented:
    Terimakasih utk infonya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: