Tidak Jago Menghafal, Kreatif Saja Yuk.

Manusia diciptakan Tuhan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Ada yang jago menghafal, ada yang jago matematika, ada yang jago menulis dan lain sebagainya. Bagi yang tidak mempunyai bakat sehebat orang lain di dibidang itu dan selalu jadi peringkat ke 10, 100, atau ke 1000 dalam bidang tersebut maka ada baiknya anda memikirkan cara lain untuk mencapai puncak. Yap mulailah untuk berfikir kreatif karena kreatifitas dan ide segar mahal harganya.

 

Gambar

 

Tahun 2008 saat saya masih kuliah, saya pernah mengikuti sebuah seminar yang diadakan di Magister Management UGM. Seminar tersebut diadakan oleh Yamaha dengan pembicara Yoris Sebastian, CEO OMG Creative Consultant dan Eko Prabowo, Manager Promosi PT Yamaha Motor Kencana saat itu. Namun yang ingin saya bahas lebih dalam adalah tentang pribadi dan ceramah dari Yoris Sebastian.

Pada awalnya saya tertarik mengikuti ceramah tersebut karena seminar itu gratis. hahaha. Namanya juga mahasiswa, barang gratisan pasti laris manis. Apalagi dengan adanya iming-iming snack, sertifikat, hadiah langsung, dan doorprize maka semakin bersemangatlah saya. Langsung saya ajak satu pasukan anak komunikasi untuk ikut serta, walaupun dengan mengikuti seminar terpaksa harus bolos kuliah. hahaha. Jika kalian tanya apakah saya mengenal Yoris Sebastian saat itu, saja jawab tegas tidak. Apalagi Eko Prabowo, lebih tidak kenal lagi. hahaha.

Yuk sebelum mulai ceritanya kita bahas siapa Yoris Sebastian:

Yoris Sebastian lahir di Ujung Pandang, 15 Agustus 1972. Pada usia 26 tahun sudah menjadi General Manager  (GM) Hard Rock Cafe Indonesia, menjadi GM termuda se asia dan termuda kedua di dunia. Pada usia 34 tahun meninggalkan Hard Rock Cafe dan mendirikan perusahaan konsultan kreatif OMG (0h My Goodness). Awalnyaselepas lulus SMA bekerja di majalah HAI dan kemudian meneruskan karirnya di Hard Rock Cafe hingga menjadi GM disana.

Pada Seminar saat itu Yoris Menjelaskan bahwa ide kreatif itu barang mahal. Saat ini ada kecenderungan perusahaan dengan produknya ingin tampil beda namun tetap menjual. Ide yang beda itulah yang akhirnya menjadi unique selling point yang membuat karya tersebut akan selalu diingat oleh penerima pesan.

Setiap orang hendaknya berfikir out of the box. Keluar dari kotak yang membelenggunya, bebaskan ide liar kita, dan berfikir selangkah ke depan. Jangan terkungkung dengan pendapat orang, atau ide yang biasa-biasa saja. Manusia harus kreatif, karena kreatif itu memacu orang mendapatkan penghargaan lebih terhadap hasil karyanya.

Bagaimana cara menjadi kreatif? yang pertama anda harus peka. Ide apa saja yang tiba-tiba terpikirkan langsung dituliskan. Yoris mencontohkan  dia sering membawa kertas untuk menulis inspirasi yang tiba-tiba muncul.  Kadang kalanya jika dia tidak membawa kertas dia merekam ide tersebut lewat hp yang cenderung sering dibawa.

Yoris juga mencontohkan mencari inspirasi bisa dari mana saja. Jika pikiranmu stag cobalah untuk mengubah pola pandangmu. Hal itu dapat dilakukan dengan mencari inspirasi di luar. Misalnya anda berangkat dengan jalan yang biasa anda lewati tiap hari, namun jalan pulangnya cobalah sekali-kali dengan jalan memutar. Bukan untuk menambah pengeluaran bensin anda, namun siapa tau ide datang ketika anda keluar dari zona nyaman anda.

Sekarang tinggal pilih apakah anda mau tetap berada di posisi anda sekarang? atau mau segera maju dengan bekal kreatif yang anda punya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: