Ketika No. Hp Mulai Terlupakan – BB Lover

Gambar

 

Kategori: Sosial

 

“Neng, boleh minta pinnya?”

“Biar bisa contact boleh minta pinnya pak?”

 

Ucapan itu sering kali didengar dan diucapkan oleh para pengguna Blackberry (BB) untuk meminta contact dari  orang lain. Jika anda memakai BB dan kebetulan lawan bicara anda memakai BB maka dalam meminta contactnya anda biasa menggunakan bahasa “boleh minta pinnya?”. Sudah jarang rasanya seperti empat tahun lalu ketika BB masih jarang. Orang cenderung bertanya “boleh minta nomor hpnya?”.

 

Ada perubahan culture saat ini. Blackberry Messenger (BBM) disisi lain menjanjikan komunikasi yang mudah seperti layaknya chat di yahoo, facebook, dan sebagainya. Komunikasi ini juga cenderung lebih murah dan cepat dibandingkan sms. Namun ibarat uang koin, ada dua sisi yang berbeda. BBM punya beberapa kelemahan. 

 

  • BBM tergantung dengan koneksi. Jika pada suatu tempat atau waktu sinyal GPRS/EDGE/3G  tidak bagus maka pesan yang ingin disampaikan tidak sampai. Anda hendak bom Ping berkali-kalipun jika memang saat itu jaringan jelek tetap tidak bisa. 

 

  • BBM jangan terlalu diandalkan untuk komunikasi yang bersifat cepat dibalas. Semisal anda ingin menanyakan hal yang sangat penting tetapi BBM anda sudah sampai namun belum dibaca, atau bahkan tidak sampai sama sekali. Beberapa orang hanya menggetarkan BBnya ataupun jika ada pesan BBM sinyal ringtonenya yang pendek. Dengan demikian ada kemungkinan pesan yang ingin disampaikan tidak bisa terlalu cepat dibaca dan dibalas.

Dari dua kelemahan itu satu titik kesepahamannya adalah komunikasi dengan BBM mempunyai noise/hambatan dalam penyampaian pesan. Lalu bagaimana cara mengatasinya :

  • Tanyakan juga nomor hp orang yang anda minta pin BBnya. Anda dapat mencoba dengan mengucapkan “boleh saya minta contactnya?”. Jika dia memberikan pin bbnya, mintalah juga no hpnya.
  • Buatlah kartu nama jika anda sudah bekerja. Jika dia menanyakan pin bb anda berikanlah pin bb anda dan sekaligus kartu nama anda. Dalam kartu nama tersebut tertulis no hp anda juga
  • Pasanglah no hp anda dalam status BBM anda. Beberapa orang menganggapnya kampungan atau sebagainya, tapi percayalah ini sangat membantu jika teman anda butuh jawaban cepat dari anda sedang BBM belum sampai atau belum anda baca.

 

Selamat Mencoba

Bekasi, 1 November 2012

@dwifajarn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: