Siapa Bilang Kami Bodoh??

Gambar

Orang pesimis melihat dan mempersoalkan perasaannya terhadap suatu kejadian. Orang Optimis melihat dan mempersoalkan masalah-nya. 
-Dr. dr. Taufik Pasiak- 
Pengarang buku  “Manajemen Kecerdasan”

Selama ini banyak orang rendah diri karena merasa tidak lebih pintar dibandingkan orang lain. Tapi percayalah bahwa ukuran kecerdasan orang bukan hanya ditentukan karena dia bisa mengerjakan soal matematika dengan sempurna, berbicara dengan hebat bagai membius seseorang, atau mendapat nilai terbaik di semua mata kuliah. Howard Gerner, ahli otak dan pendidikan menemukan setidaknya ada 10 jenis kecerdasan yang bisa muncul dari otak. 

Perhatikan kehebatan JK Rowling yang menulis Harry Potter, atau Andrea Hinata yang menulis Laskar Pelangi. Orang-orang ini mempunyai kehebatan dalam menyihir orang-orang lewat kata-kata. Mereka mempunyai kecerdasan mengolah kata yang sangat baik. Kelompok orang seperti ini memiliki kecerdasan verbal yang bagus.

Idris Sardi, pebiola, dan, Slash, gitaris ibarat memiliki otak pada tangan dan kepala sekaligus. Mereka memainkan alat musik yang mereka kuasai seolah tanpa berfikir karena “otak” mereka telah berpindah ke jari. Telinga orang-orang seperti ini sangat peka terhadap bunyi dan nada. Kelompok orang seperti ini mempunyai kecerdasan musikal yang bagus. 

Pebulutangkis, Taufik Hidayat, Penari, Didik Nini Towok, Pesulap, Limbad adalah kelompok orang mampu mengolah kekuatan fisik secara hebat. Mereka mengekspresikan diri dan pikiran mereka melalui gerak dan penggunaan tubuh. Kelompok ini mempunyai kecerdasan kinestetik yang bagus.

Jika seseorang mempunyai kemampuan mental imaging yang bagus, dengan mampu membuat desain ataupun visualisasi spasial berarti dia mempunyai kecerdasaan spasial. Keceradasan seperti ini dimiliki oleh fotografer, arsitek, perancang busana, dsb.

Jika anda seorang peneliti yang piawai dalam hal angka dan logika, seorang program komputer, akuntan dsb berarti anda mempunyai kecerdasan logis matematis yang bagus. Anda mempunyai keunggulan berfikir rasional, menghitung, menalar dan berfikir secara runtut. Di sekolah-sekolah seorang yang mempunyai kecerdasan ini disebut sang juara karena memang inilah yang diinginkan kurikulum.

Andi Malarangeng (Mantan Jubir Presiden), Abubakar Nata Prawira (Mantan Kadiv Humas Mabes Polri) adalah pakar dalam membangun relasi dengan media. Mereka selalu menjadi utusan organisasi untuk membangun kerjasama yang baik dengan organisasi lain maupun dengan media. Mereka mempunyai kecerdasan interpersonal yang bagus. Pekerja Humas, Diplomat da pengusaha memiliki kecerdasan seperti ini.

Jika anda suka merenung, pintar mengolah jiwa, menyukai hubungan yang intens dengan Sang Pencipta, menyukai tempat-tempat sepi untuk memikirkan sesuatu berari anda memili kecerdasan intrapersonal. Anda berbakat menjadi filosof, teolog, mistikus, dsb.Selain itu masih ada lagi kecerdasan natural, eksistensial, dan spritual. 

Dari tulisan diatas ada sebuah hal unik yang bisa kita temukan. Tuhan telah memberikan otak yang spesial kepada semua orang. Dengan mengenali potensi diri, kita dapat mengasahnya dan mengembangkannya sehingga menjadi kekuatan untuk menjadikan kita sukses. Yakinlah bahwa yang menentukkan kesuksesan kita adalah diri sendiri.

Jangan merasa bahwa diri anda lebih bodoh dibandingkan orang lain. Percayalah anda juga mempunyai potensi kecerdasan yang tidak kalah di salah satu bidang dengan orang lain. Anda tidak boleh pesimis, karena Tuhan telah memberikan otak yang spesial untuk anda. Optimislah untuk terus berusaha meraih kesuksesan. Asahlah terus potensi kecerdasan anda, dan raihlah masa depan yang gemilang sehingga orang akan takjub nantinya.
***

Inspirasi:
Pasiak, Taufik. 2006. Manajemen Kecerdasan. Bandung: Mizan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: