Pesan Untuk Lulusan Tidak Cumlaude

Kategori: Inspirasi

Sering kali orang yang lulus tidak cumlaude rendah diri dalam melamar pekerjaan. Biasanya mereka “terjebak” dalam syarat administrasi (misal syarat adm ipk minimal 3,25 dst) atau biasanya rendah diri jika bersaing dengan lulusan cumlaude saat wawancara akhir. Namun ada kalanya pelamar pekerjaan yang tidak cumlaude justru diuntungkan dalam beberapa posisi pekerjaan. Berikut penjelasannya:

  1. orang cumlaude cenderung main aman. Mereka mempersiapkan sesuatunya dengan baik sehingga hasilnya juga aman untuk mereka. Beberapa lowongan perusahaan bukan pekerjaan yang aman. Ada resiko dalam pekerjaan mereka. Lihatlah marketing kredit bank, satu kaki di dunia satu kaki di penjara. Penyaluran kredit itu ibarat dua sisi mata uang. Disisi lain mereka ditarget disisi lain mereka harus benar-benar paham orang yang diberi kredit apakah kira-kira mampu mengembalikan uang bank. Hendak mencari nasabah yang sangat aman? ada saja. Hanya nasabah itu sudah di surga atau di bank lain.
  2. orang cumlaude cenderung takut spekulasi. Seperti yang saya bilang tadi, mereka main aman dalam setiap perilakunya. Setiap usaha pasti ada resikonya, untuk beberapa hal spekulasi penting untuk meningkatkan laba perusahaan atau mencoba hal baru.
  3. orang cumlaude cenderung takut gagal. Tanyakan pada temanmu yang cumlaude, berapa mata kuliah yang mereka memilih tidak ambil karena resikonya besar. Beberapa posisi justru menginginkan pelamarnya pernah mengalami kegagalan atau sering gagal karena orang-orang seperti ini lebih condong spekulasi.
  4. orang cumlaude memberi ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap dirinya. “Saya lulusan cumlaude, dan harus mendapatkan pekerjaan yang bagus. Pekerjaan biasa saya tolak!!!”. Padahal para lulusan baru itu masih “bau kencur” harus dibina dahulu. Mereka orang yang tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pelamar yang tidak cumlaude tapi pengalaman di bidang itu lebih dari lima tahun.

untuk itu para lulusan yang tidak cumlaude jangan rendah diri dengan lulusan cumlaude. Kadang kalanya suatu posisinya justru memerlukan orang seperti anda. Jika sudah diterima kerja bekerja keraslah dan biarkan keberuntungan anda menentukan arah hidup anda.

@dwifajarn

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: